Memahami Proses Printing Sublimasi: Penjelasan Lengkap

Memahami Proses Printing Sublimasi Penjelasan Lengkap - Texco

Apakah Anda mencari metode printing tekstil yang tahan lama, kaya warna serta punya resolusi tinggi? Printing sublimasi adalah jawaban yang tepat untuk kegelisahan Anda. 

Jadi, apa itu printing sublimasi dan bagaimana cara kerjanya? Kami akan mengulasnya secara lengkap dalam artikel kali ini! 

Apa itu Printing Sublimasi?

Printing sublimasi adalah proses printing yang melibatkan pencetakan gambar pada selembar kertas khusus atau biasa disebut transfer paper, dan kemudian mentransfer gambar itu ke bahan lainnya. Biasanya, gambar akan ditransfer ke bahan kain polyester atau campuran polyester. 

Proses sablon dengan sublimasi ini menggunakan panas untuk memindahkan desain atau motif pada kain. Dengan cara ini, hasilnya akan tahan lama, tidak mudah retak maupun terkelupas. Inilah yang membuat banyak pengusaha cetak percaya bahwa sublimasi adalah teknik printing kain terbaik yang ada saat ini. 

Bagaimana Proses Printing Sublimasi Bekerja?

Anda mungkin jadi bertanya-tanya, sebenarnya bagaimana cara kerja printing sublimasi?

Pada dasarnya, proses sublimasi akan menggunakan panas untuk menyatukan tinta dan kain menjadi satu.

Jadi, prosesnya kurang lebih seperti ini:

Pertama-tama, Anda harus mencetak desain atau motif yang Anda inginkan pada transfer paper yaitu media penghubung antara tinta dan kain.

Perlu Anda ingat proses ini akan berlanjut dengan proses sublimasi melalui proses pemanasan yang menggunakan mesin pemanas atau heater transfer machine.

Tinta pada kertas akan berubah menjadi gas, yang selanjutnya motif tinta akan berpindah atau menyerap ke kain dan tercetak secara permanen. 

Cetak dengan proses sublimasi ini hasilnya tahan lama dan tidak mudah pudar ataupun terkelupas.

Mengapa demikian?

Proses sublimasi membuat tinta tidak hanya menempel di atas kain seperti sablon biasa, tetapi akan membuat tinta menjadi tertanam dan menyerap pada kain sehingga hasil cetaknya lebih awet dan terang sesuai dengan warna desain yang diinginkan. 

Proses printing sublimasi ini bisa dibilang hampir sama seperti tato. Bedanya, gambar atau motif tidak akan tertanam di kulit Anda, melainkan di kain atau media lainnya.

Singkatnya begini, panas yang datang dari heat press akan membuka pori-pori kain. Sehingga tinta menjadi gas dan tertanam pada kain.

Dengan tekanan yang diberikan, tinta yang sudah tertransfer akan mendingin dan kembali ke bentuk padat secara permanen pada kain. 

Hasilnya, Anda akan mendapatkan desain permanen yang kaya warna, tidak mudah retak, terkelupas ataupun pudar saat kain dicuci.

Keunggulan dari proses sublimasi adalah tinta bisa langsung berubah dari padat menjadi gas tanpa terlebih dahulu mencair.

Kurang lebih, proses sublimasi ini akan tampak seperti dry ice di mata kita. Konversinya sendiri akan bermula dari panas kemudian terselesaikan dengan adanya tekanan. 

Metode cetak digital ini sangatlah efisien untuk kebutuhan bisnis percetakan yang kian beragam.

Dalam artian, Anda dapat dengan efektif dan efisien menggunakannya untuk mencetak pesanan baik dalam jumlah kecil ataupun besar dalam waktu yang lebih cepat ketimbang sablon manual.

Dengan harga mesin printing sublimasi yang cukup terjangkau, hal ini tentu saja lebih menguntungkan daripada mencetak dengan sablon biasa yang hanya memberikan keuntungan ketika Anda mencetak dalam jumlah besar dan proses yang lebih rumit serta keterbatasan dalam berkreasi. 

Lebih daripada itu, printing sublimasi juga memberikan hasil yang menawan. Pasalnya, Anda atau pelanggan dapat mencetak desain yang rumit, detail dan penuh warna kemudian memindahkannya dengan cepat dari satu kain ke kain yang lainnya.

Itulah mengapa metode ini sangat berguna untuk cetak t-shirts, baju seragam sampai jersey olahraga dengan bahan polyester atau campuran polyester. 

Kelebihan dan Kekurangan dari Printing Sublimasi

Printing sublimasi merupakan metode populer yang berguna untuk mentransfer gambar ke kain maupun pakaian.

Kami telah menjelaskan apa artinya sublimasi dan seperti apa proses pencetakan sublimasi.

Berikutnya, kami menguraikan keunggulan dan kekurangan printing sublimasi.

Apa yang membuat printing sublimasi bagus? Dan apa saja kekurangan dari pencetakan dengan teknik ini? Simak lebih lanjut!

Keunggulan Printing Sublimasi

Teknik printing sublimasi memiliki sejumlah keunggulan:

  • Resolusi Tinggi – Setiap titik tinta dalam printing sublimasi dapat memiliki warna yang berbeda. Oleh karena itu, hasil gambarnya akan beresolusi tinggi dan memiliki tingkat kecerahan warna yang luar biasa.
  • Tidak Perlu Menunggu KeringPrinting sublimasi memungkinkan Anda untuk melipat atau memakai pakaian segera setelah selesai dicetak tanpa harus kuatir tinta akan tercoreng.
  • Minim Kerusakan Saat Proses Cetak – Mesin press atau heat press adalah mesin sederhana dengan print head thermal yang tidak perlu bergerak maju mundur di atas media cetak. Ini berarti printer sublimasi tidak mudah rusak.
  • Tidak Berantakan – Dalam proses cetak, bisa dibilang sangat minim tumpahan tinta sehingga proses pun menjadi lebih bersih dan rapi.
  • Tidak Mudah Pudar – Tinta sublimasi meresap dan menjadi bagian dari kain. Tinta sublimasi tidak akan luntur meski terkena air. 
  • Mencetak Pola KeseluruhanPrinting sublimasi dapat bekerja dengan model maupun desain paling rumit ataupun full color. Selain itu, metode ini memungkinkan Anda untuk mencetak gambar pada seluruh kain.
  • Tidak Menggunakan Air – Sublimasi tidak menggunakan air, sehingga Anda hanya memerlukan sedikit sumber energi daripada metode printing komersial lainnya.
  • Bisa untuk Cetak SatuanPrinting sublimasi sangat bagus untuk pesanan satu kali atau dalam jumlah kecil. Bahkan, waktu yang dibutuhkan dalam proses produksinya pun terbilang cepat.

Kekurangan Printing Sublimasi

Berikut ini beberapa kekurangan dari mesin printing sublimasi: 

  • Bahan Polyester – Teknik printing sublimasi hanya bisa dilakukan di kain yang berbahan dasar polyester atau minimal ⅔ polyester. Jika Anda ingin melakukannya pada kain lain, Anda membutuhkan coating khusus terlebih dahulu. 
  • Memerlukan Tinta dan Printer Khusus – Karena tinta sublimasi punya formulasi khusus agar tidak menjadi cair, tinta ini rentan menyumbat printer. Oleh karena itu, dalam prosesnya ke kertas transfer untuk sublimasi pasti memerlukan printer sublim khusus yang dapat menangani kartrid tinta ini. 
  • Transfer Paper – Selain tinta sublim, Anda juga memerlukan kertas transfer atau transfer paper dalam proses kerja printing sublimasi. Untuk meminimalisir biaya, ada banyak ukuran dan gramasi kertas yang bisa disesuaikan agar biaya produksi lebih efisien.
  • Investasi di Awal – Teknik printing sublimasi membutuhkan lebih banyak biaya di awal untuk bisnis Anda. Tapi dengan perhitungan yang matang, income yang bisa dihasilkan pun jauh lebih besar, dengan produk yang lebih berkualitas.

Desain yang Cocok Diterapkan pada Proses Printing Sublimasi

Teknik printing sublimasi memungkinkan Anda untuk mencetak berbagai macam gambar ke bahan kain.

Namun, teknik ini secara spesifik bekerja dengan sangat baik pada desain yang unik dan dramatis.

Teknik printing sublimasi juga mampu menghasilkan gambar tanpa batasan warna. Artinya, Anda bisa menggunakan sebanyak mungkin warna pada satu desain. 

Untuk mendapatkan hasil terbaik, desainer harus memberi Anda file cetak resolusi tinggi dalam format gambar standar seperti JPG, PNG, TIF, EPS, dan lain-lain.

Namun, alangkah lebih baik jika Anda memilih gambar dalam format PNG yang hadir dalam resolusi 300 dpi.

Dengan mematuhi aturan ini, Anda bisa memastikan bahwa file cetak berkualitas tinggi, akan menghasilkan cetakan berkualitas baik juga pada produk.

Ada banyak sekali perangkat lunak yang mampu menghasilkan image beresolusi tinggi. Anda bisa menggunakan software desain seperti Adobe Creative Suite, CorelDRAW, Silhouette, dan lain sebagainya untuk membuat desain yang nantinya akan dicetak. 

Tenang saja!

Dalam proses mencetak, memahami dasar-dasar software tersebut sudah cukup untuk mencetak dengan teknik sublim, tapi alangkah baiknya terus mendalaminya agar bisa menghasilkan desain dan ide kreatif yang lebih beragam.

Dengan begitu, Anda bisa membuat kaos, hijab atau produk lainnya dengan kualitas yang sama dengan merek-merek terkenal.

Sebagai ide awal, Anda bisa memulai dengan desain full color ataupun desain sederhana yang menggunakan beberapa kombinasi warna.

Kemudian memindahkan sepenuhnya ke kain. Atau bisa juga langsung menggunakan foto dengan kualitas hi-res untuk gambar yang akan dipindahkan ke kaos. 

Mesin printing sublimasi juga bisa untuk mencetak hasil foto di atas media yang diinginkan, atau bahkan mengisi seluruh permukaan media dengan foto.

Jadi, Anda tidak hanya bisa menempatkannya di bagian depan t-shirt melainkan di keseluruhan kain.  

Sublimasi juga berfungsi dengan baik ketika pakaian Anda membutuhkan sejumlah logo atau desain yang berbeda. Dengan pencetakan tradisional, pelanggan mungkin harus membayar biaya untuk setiap aplikasi logo terpisah.

Namun, sublimasi memungkinkan Anda untuk mencetak dan menggabungkan semua bagian gambar dalam satu kali jalan. 

Desain yang Kurang Cocok Diterapkan pada Proses Printing Sublimasi

Sebenarnya semua desain bisa diterapkan menggunakan teknik printing sublimasi ini. Hanya saja agar lebih efektif dan efisien, sublimasi memang kurang tepat jika digunakan hanya untuk cetak desain satu atau dua logo dalam sekali jalan.

Itu akan sangat boros karena harus membuang-buang transfer paper dan juga biaya listrik untuk memanaskan heater

Jika Anda memaksakan untuk melakukan hal tersebut, nantinya harga mesin printing kain sublimasi akan terasa lebih mahal dan juga biaya produksi yang tinggi. 

Salah satu kunci untuk menggunakan pencetakan sublimasi secara efektif adalah mengetahui batasan metode dan memilih serta menyesuaikan desain dengan bijak sesuai dengan kebutuhan dan fungsi printer.

Membaca pro – kontra serta melihat contoh di atas, akan membantu Anda untuk dapat memutuskan produk yang ingin dibuat membutuhkan teknik printing sublimasi atau metode printing kain lainnya.

Kesimpulan 

Sublimasi adalah proses cetak pada kain yang memungkinkan Anda mendapatkan desain yang utuh, menyeluruh dan kaya warna.

Lebih daripada itu, hasilnya sendiri akan lebih tahan lama dan bebas pudar karena teknik sublimasi yang berbeda dari sablon biasa. Desain pada kain juga tidak akan luntur saat terkena air.

Pasalnya, teknik printing sublimasi, memungkinkan tinta cetak untuk tertanam dalam kain seperti tato yang tertanam pada kulit. 

Anda dapat memilih printing sublimasi untuk berbagai produk kain polyester dan campuran polyester. Proses cetaknya sendiri akan membutuhkan printer sublim dengan head khusus tinta sublim.

Untuk informasi lebih lengkap tentang printer sublim, baca juga artikel kami yang mengulas tentang 8 Printer Sublim Epson Terbaik untuk yang Bisnis Sablon Digital Printing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *